Cetak Malam

Cetak Malam (Wax Printing)

Proses cetak menggunakan malam / wax / lilin batik yang cair

  • cetak malam
  • malam print
  • malam print hand painting
  • pewarnaan hand painting
  • lukis kain batik
  • batik lukis
  • batik lukis
  • batik lukis
  • batik lukis
  • batik lukis

Deskripsi Produk Cetak Malam / Wax Printing:


Kain motif yang diwarnai secara manual (dilukis), diawali dengan pembuatan template gambar motif yang dibuat dengan malam (wax) yang dicetak di kain.

Pembuatan kain motif dengan cetak malam (Wax Printing) ini dapat diaplikasikan untuk beberapa produk seperti dress, blus (Blouse), kain pantai (Sarong/Pareo), kemeja, dan lain sebagainya.

Malam (Wax) adalah lilin batik yang digunakan dalam proses pembuatan batik pada umumnya. Namun pada proses cetak malam (Wax Printing), lilin batik yang digunakan untuk pembuatan template (kerangka) motif adalah malam cair. Proses lukis dengan cara cetak malam (Wax) ini diperlukan ketelitian dan keahlian khusus dikarenakan metode pengerjaannya ada banyak tahap sebelum penyelesaian akhir dari proses produksinya.

Untuk proses pengerjaan dengan metode cetak malam, kami memiliki workshop khusus bersama dengan tenaga spesialis yang menanganinya. Dikarenakan tahapan-tahapan prosesnya, maka pengerjaan cetak malam ini terbilang cukup memakan waktu. Dalam hal produksi cetak malam kami memiliki kapasitas produksi sekitar 100 meter hingga 300 meter setiap hari.

Tahap-tahap pengerjaan dengan cetak malam / wax printing (atau terkadang juga disebut dengan print malam):

▸ Proses cetak (printing) dengan lilin batik / wax / malam pada kain untuk membentuk template gambar dari suatu motif.
▸ Setelah selesai cetak, kain akan dibiarkan selama 1 hari supaya malam (lilin / wax) tersebut bereaksi, yaitu meresap & mengering sehingga garis template dari gambar motif tersebut menutup rapat di serat-serat kain.
▸ Setelah malam yang dicetak tersebut meresap lalu mengering, maka malam menjadi seperti penyekat antara area kain. Pada tahap ini proses pewarnaan pada tiap-tiap bagian template dari gambar dapat dimulai.
▸ Kain akan dibiarkan selama 1 sampai 2 hari setelah selesai proses pewarnaan agar pewarnaan dapat bereaksi dengan baik.
▸ Kemudian baru dimulai proses perontokan template dengan air yang panas (disebut proses babar), dengan begitu selesailah proses finishing dari cetak malam ini.

  • kain batik lukis

Detail Produk Cetak Malam:


Kain Cetak Malam

Desain: batik, abstrak, bunga, dan lainnya.

Bahan Kain: katun (cotton), rayon, dan lainnya.

Lebar Kain: 90 cm, 115 cm, menyesuaikan.

Panjang Kain: antara 2 meter hingga 3 meter.

Finishing: dijahit, dineci.

Berminat? Hubungi Kami Sekarang!

Produk Terkait

Lihat berikut beberapa produk terkait

Go Top